Pages

 

Friday 16 September 2011

Paragraf Deskripsi

0 comments

Paragraf deskripsi/ deskriptif adalah paragraf yang isinya menggambarkan sesuatu dengan mendetail, jelas, dan terperinci.  Paragraf Deskripsi ini bertujuan untuk memberikan keterangan yang sejelas-jelasnya terhadap sesuatu sampai pembaca seolah-olah dapat merasakan, mendengar, melihat, dan dapat mendeskripsikannya.


Ciri-ciri Paragraf Deskripsi :
1. Isinya merupakan gambaran dari suatu obyek
2. Menggambarkan secara menyeluruh, terperinci, dan mendetail
3. Melibatkan seluruh panca indera
4. Lebih mengutamakan perasaan daripada pikiran

Contoh :
             Setiap pagi merupakan hal yang sangat ku sukai, karena di pagi hari saat aku berangkat sekolah ada suatu teman yang selalu setia denganku. Temanku ini adalah sepeda motorku, ia tak pernah mengecewakanku. Dia selalu menurut dengan perintahku. Saat aku membelokkan setir kemudi sepeda kekiri untuk berbelok, dia pun ikut berbelok. Setiap aku gas sepedaku, semakin kencang pula dia berlari. Aku dahulu pernah melukai sepda tercintaku ini, aku menjatuhkannya. Dia lecet dan tergores kulitnya. Namun, aku sekarang tidak akan membuat kesalahan pada sepeda ku lagi, aku akan lebih berhati-hati.

Berikut diatas merupakan salah satu contoh dari paragraf deskripsi. Bagaimana bahasan kali ini? mudah dipahami kan pastinya! Sekarang, untuk lebih maresapnya pelajaran ini pada pikiran anda, praktekkan untuk membuat contohnya dengan acuan ciri-ciri yang telah disebutkan.

Selamat mencoba...
Semoga sukses...!

0 comments:

Post a Comment

 
Sastra Education © 2013 Producted by M. Muharrom Al Haromainy. Supported by Java Creativity