Pages

 

Thursday 1 September 2011

Paragraf Argumentasi

0 comments


Paragraf argumentasi adalah sebuah karangan yang didalamnya terdapat alasan yang kuat dan meyakinkan. Tujuan paragraf argumentasi dibuat adalah untuk mempengaruhi pandangan pembaca yang awalnya A dapat dirubah menjadi B oleh penulis. Semakin kuat alasan dan bukti fakta yang dicantumkan dalam sebuah karangan, semakin bertambah besar pula kesempatan untuk bisa mempengaruhi pembaca. Isinya dapat berupa mengungkapkan sebuah ide, gagasan ataupun pendapat.

Ciri-ciri paragraf argumentasi :
1. Isinya berupa ide atau gagasan
2. Pengembangan disertai alasan dan fakta yang logis
3. Bersifat ilmiah
4. Diakhir paragraf ada kesimpulan
5. Dapat meyakinkan pembaca

Dasar paragraf argumentasi adalah dapat berpikir kritis dan logis. Karena sebab itu, harus disertai dengan bukti-bukti yang konkrit dan dapat dipertanggungjawabkan. Fakta tersebut bisa diambil dengan berbagai cara, misalnya : buku, penelitian, wawancara dari sumber terpercaya, dan lain sebagainya.

Langkah-langkah membuat argumentasi agar mudah untuk membuatnya :
 1. Menentukan tema
2. Merumuskan tujuan
3. Mengumpulkan bahan yang berasal dari penelitian, angket, observasi, ataupun yang sejenisnya
4. Menyusun kerangka
5. Mengembangkan paragraf menjadi paragraf yang benar
6. Menentukan judul
Langkah diatas sama seperti dengan cara membuat paragraf persuasif dan eksposisi.

Contoh :
            Sebaiknya di musim kemarau panjang ini setiap orang harus menghemat pemakaian air. Misalnya ketika mandi, jangan sampai terlalu banyak/ over dalam menggunakan air, karena itu akan sia-sia. Jika disia-siakan nanti kita akan menyesal sendiri ketika air itu sulit dan bahkan untuk didapatkan akibat kemarau panjang. Banyak petani yang membutuhkan air untuk mengairi sawah mereka, tetapi mereka kesulitan dalam mendapatkannya. Dan disisi lain, ada orang yang berkecukupan malah menghambur-hamburkan air. Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh, jika lingkungan kotor, gersang, tidak ada banyak tumbuhan/ pohon, maka riwayat tempat itu bakal terjadi kekeringan, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, mari kita lebih selektif dan berpikir lebih maju dalam memanfaat suatu barang, dan juga mari kita jaga lingkungan alam Indonesia tercinta agar ekosistem di bumi ini damai kembali.

Nah, bagaimana bahasan argumentasi sekarang? Pastinya mudah. Beruntung sekali anda yang senang mencari ilmu pengetahuan. Maka pengetahuan itu akan bermanfaat dikemudian waktu, dan itu pasti. Sekarang untuk lebih memperdalam materi, silahkan langsung anda buat contohnya agar materi ini tidak terhapus dari memori otak anda.

Good luck Guys...!
Salam para pencari ilmu...

0 comments:

Post a Comment

 
Sastra Education © 2013 Producted by M. Muharrom Al Haromainy. Supported by Java Creativity